Social Icons

Pages

Friday, January 2, 2009

Kebebasan Baru Fotografi Digital

Mengapa fotografi digital adalah kebebasan baru?Karena fotografi digital mampu megeliminasi semua batasan yang ditemui fotografi analog. Fotografi digital menghapus batasan penggunaan film. Digital fotografi juga menghilangkan batasan kreasi sang fotografer karena teknologi editing digital memungkinkan fotografer menggabungkan ribuan gambar kedalam satu bentuk baru. Fotografi digital memungkinkan seorang fotografer amatir manhasilkan efek gambar yang selama ini hanya bisa dihasilkan oleh seorang fotografer profesional. Dunia fotografi memang banyak diminati oleh banyak kalangan, karena penggunaan kamera sendiri tidak begitu sulit untuk dioperasikan sehingga membuat para kalangan muda khususnya tertarik dengan dunia fotografi. Sekarang banyak kita jumpai dipasaran, yang menjualkan kamera dengan harga relative terjangkau dari harga kisaran 1 jt sampai puluhan juta, dengan harga kisaran 1 jt kaum pelajar khusunya, mampu membeli kamera pocket tersebut. Selain itu juga, pengoprasian kamera pocket sangat mudah dipelajari dan simpel untuk dibawa karena dengan ukuran kecilnya tersebut.

Akan tetapi dibalik kelebihannya tersebut adapula tersimpan kekurangannya, kamera pocket sangat terbatas terutama dari sisi pengaturan lensa ataupun pengaturan cahayanya yang minim, serta juga apabila dilakukan proses editing mengunakan software design terutama dengan system pengeditan coloring, maka hasil foto yang diedit tersebut mengalami noise.

Namun bagi anda yang sudah memiliki kamera pocket janganlah kecewa untuk melakukan proses editing, karena hampir disetiap software design sudah dilengkapi filter untuk mengurangi noise pada foto yang dihasilkan oleh kamera pocket (digicam).

Terus, bagaimanakah kamera dengan harga yang diatas 5 jt tersebut…? Kamera seperti ini sering disebut DSLR (Digital Single Lens Reflex) karena letak lensa pada kamera ini tidak menyatu dengan body kamera, berbeda dengan kamera pocket, yang langsung menyatu dengan body. Gambar yang dihasilkan oleh DSLR ini pun jauh lebih baik dari pada menggunakan kamera pocket.

Pada dasarnya semua yang dibahas diatas tersebut adalah perbandingan diantara kedua tipe kamera tersebut. Perlu diingat, dalam melakukan pemotretan ada yang dinamakan teknik pengambilan gambar. Disinilah hal utama dalam fotografi, foto terlihat bagus karena pengambilan gambar yang bagus pula, serta mengenal cahaya disekitar objek. Jadi pada dasarnya sangatlah penting bagi para fotografer untuk memahami teknik pengambilan gambar. Walaupun memakai jenis kamera pocket, tapi menguasai teknik pengambilan gambar maka gambar tersebut akan kelihatan bagus. Dibawah ini ada beberapa contoh foto dengan menggunakan jenis kamera yang berbeda.

No comments:

Post a Comment