Social Icons

Pages

Saturday, August 7, 2010

LULUR KOPI

Kopi tidak hanya sekedar bahan minuman tapi juga dapat digunakan menjadi bahan perawatan kecantikan. Dibuktikan dengan menjamurnya salon dan spa yang menyediakan fasilitas lulur kopi. Disamping itu, lulur kopi lebih maksimal apabila dicampur dengan teh karena mengandung zat sejenis antiseptic yang bisa membunuh bakteri-bakteri yang mengganggu.
Bagi yang sibuk dan tidak ada waktu untuk pergi ke salon tidak ada salahnya untuk mencoba lulur kopi ini dirumah. Karena lulur jenis ini lebih mudah diolah ketimbang lulur dari bahan lain; seperti alpukat, ketan hitam, dll.
Bahan dan cara membuatnya juga cukup mudah. Pertama, bahan yang diperlukan antara lain:
• Bubuk kopi
• Teh tubruk
• Baby oil atau minyak zaitun
• Body lotion

Cara membuat dan pemakaian :
1. Siapkan wadah tempat lulur kopi
2. Masukkan kopi ke dalam wadah sesuai keperluan.
3. Buatlah segelas air teh tawar yang pekat
4. seperti lulur biasa yang dicampur air putih. Maka jadikan air teh tersebut sebagai air pengencer kopi. (catatan : jangan terlalu kering dan jangan juga terlalu cair).
5. Campurkan merata kopi dengan air teh. Jika menginginkan variasi, bisa campurkan daun teh (ampas teh) ke dalam lulur kopi.
6. Lulur kopi campur daun teh telah siap digunakan.
7. Sebelum melumuri kulit dengan lulur kopi, olesi terlebih dahulu kulit kita dengan baby oil atau minyak zaitun atau jika tidak ada bisa memakai air biasa, supaya kulit tidak iritasi saat menggosokkan lulur.
8. Diamkan beberapa menit hingga setengah kering.
9. Setelah setengah kering, bilas dengan air biasa.
10. Kemudian bersihkan dengan sabun (sebaiknya sabun cair yang mengandung susu atau ekstrak bengkoang atau yang memiliki wangi aromatherapy sehingga bisa lebih relaks).
11. Bersihkan kulit sampai tidak ada sisa lulur kopi lagi.
13. Setelah kulit kering, oleskan lotion untuk kulit lebih lembut.




No comments:

Post a Comment