Social Icons

Pages

Saturday, August 7, 2010

Pengertian Komunikasi Massa


    Definisi komunikasi massa yang paling sederhana dikemukakan oleh Bittner (Elvinaro Adrianto,dkk,2007:3), adalah: komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang. Dari definisi tersebut dapat diketahui bahwa komunikasi massa itu harus menggunakan media massa. Jadi, sekalipun komunikasi itu disampaikan kepada khalayak yang banyak, seperti rapat akbar di lapangan luas yang dihadiri oleh ribuan, bahkan puluhan ribu orang, jika tidak menggunakan media massa, maka itu bukan komunikasi massa.
   Dalam bukunya  Elvinaro Ardianto, dkk “Komunikasi Massa Suatu Pengantar”dijelaskan tentang Definisi komunikasi massa yang lebih terperinci dikemukakan oleh ahli komunikasi lain, yaitu Gerbner. Menurut Gerbner (1967) “Mass communication is the technologically and institutionally based production and distribution of the most broadly shared continuous flow of massaged in industrial societies”.(Komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam msayarakat industri.

No comments:

Post a Comment