Social Icons

Pages

Sunday, August 8, 2010

Pengaruh Teknologi Komunikasi Terhadap Masyarakat

       Perkembangan teknologi informasi semakin maju bagi kebutuhan manusia yang hidup pada masa sekarang ini, yaitu kebutuhan akan informasi dan hiburan menjadi tuntutan bagi setiap manusia, bahkan sama pentingnya dengan kebutuhan dasar atau pokok. Salah satu wujud dari perkembangan teknologi komunikasi adalah munculnya beraneka ragam media massa dan alat komunikasi yang canggih.
Keberadaan teknologi yang semakin canggih, dan alat-alat elektornik yang semakin modern menjadikan interaksi antar manusia mengalami berbagai kemudahan yang dapat dikatakan sebagai zaman komunikasi massa. Sehingga penyaluran informasi dan penyampaian pesan tidak lagi dilakukan secara langsung.
     Semua pesan yang dulunya disamapaikan kepada sipenerima memerlukan waktu beberapa hari, tapi sekarang hanyalah dalam hitungan beberapa menit bahkan detik. Hal seperti inilah yang menjadikan betapa mudahnya mengirim pesan yang ingin kita samapikan karena teknologi komunikasi tersebut. Salah satu contoh alat teknologi komunikasi yang terjangkau harganya dan mudah digunakan adalah Hand Phone (HP). Namun teknologi - teknologi komunikasi tersebut dapat digunakan apabila para pengguna atau konsumen dapat mengoperasikan alat tersebut dengan baik dan benar.
    Bahkan negara Eropa sudah menerapkan suatu ruang pertemuan virtual, maksudnya apabilah suatu perusahaan ingin mengadakan meeting maka mereka tidak harus dikantor saling tatap muka akan tetapi mereka hanya memerlukan satu buah PC atau laptop dan webcam yang tersambung keinternet. Betapa pesatnya perkembangan teknologi informasi yang ada diunia ini, kemungikinan besar 20 – 30 tahun yang akan datang sudah minim bahkan tidak ada lagi perkantoran yang bertingkat dikarenakan kemudahan dalam berkomunikasi dengan menggunakan teknologi informasi tersebut. Itulah gambaran dari teknologi informasi yang sedang melaju pesat dizaman sekarang ini

No comments:

Post a Comment